Kegiatan Posyandu Di Desa Saonek

Sebagaimana kita ketahui, Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat. Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan system pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Kegiatan posyandu ini sejatinya adalah untuk membuka wawasan bagi masyarakat akan pentinganya kesehatan untuk balita generasi mendatang. Hal lain yang penting dalam kegiatan ini adalah untuk memamtau secara berkesinambungan akan pertumbuhan kesehatan balita di suatu wilayah agar tidak terjadi “Gizi Buruk” yang memicu tingkat kematian balita.

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan di Desa SAONEK adalah kegiatan Posyandu. Kegiatan Posyandu diselanggarakan oleh masyarakat Desa SAONEK (Kader Posyandu) yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas SAONEK. Kegiatan Posyandu yang rutin dilaksanakan Sekali dalam Sebulan ini dimulai pada pukul 08.00 Pagi 10:30 wit.

Tujuan Posyandu
Tujuan pokok dari Posyandu antara lain untuk :

  1. Mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak,
  2. Meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak,
  3. Mempercepat penerimaan norma keluarga kecil bahagia sejahtera,
  4. Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan kegiatan–kegiatan lain yang menunjang peningkatan kemampuan hidup sehat, pendekatan dan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam usaha meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada penduduk berdasarkan geografi,
  5. Meningkatkan dan pembinaaan peran serta masyarakat dalam rangka alih tehnologi untuk swakelola usaha–usaha kesehatan masyarakat.

Semoga dengan kegiatan POSYANDU ini, akan tewujud masyarakat SAONEK yang sehat.

Post by: Admin

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan